Tuesday, July 12, 2011

NGEBLOG, HOBI DAN ALTERNATIF USAHA

Sering dan banyak terjadi sebuah usaha diawali dengan hanya sekedar Hobby.  Bagaimana dengan Blogging ?, Ini terjadi pada beberapa blogger yang saat ini sudah profesional. Semula mereka hanya ingin memanfaatkan waktu luang untuk berbagi Informasi, menuangkan kreatifitas dan menambah teman, karena tak di duga trafic blognya meningkat dan booming, ada kesempatan untuk monetisasi blog, maka jadilah blognya sebagai sumber Usaha mendatangkan uang, Hoby mereka mendatangkan usaha.  Bagaimana dengan anda ? 
Apakah anda memilih ngeblog untuk hobby dan berbagi Informasi saja atau untuk usaha ?,  kalau saya cenderung memilih untuk keduanya.  Sambil menyalurkan hobby, punya peluang usaha juga.
Menurut saya  terlalu berambisi mengejar uang dengan ngeblog akan berakibat kurang baik dan bahkan hanya akan mendatangkan kekecewaan dan kegagalan.  Kenapa ?,  Dengan ambisi besar untuk segera mendapatkan uang lewat blog kita,  (Monetisasi Blog ) akan berpengaruh terhadap postingan postingan kita. Postingan akan menjadi tidak konsisten, karena terlalu bersemangat memperoleh trafik yang tinggi.  Daya Imajinasi untuk menelorkan tulisan yang brilianpun akan tertutup oleh ambisi tadi. Tindakan Copy paste menjadi sering dilakukan.  Itu semua akan membuat blog menjadi kurang bagus dimata pembaca, bukannya trafik yang tinggi yang kita peroleh tapi  blog yang kurang disukai pembaca.  
Terlalu santai dan Tidak ada ambisi untuk memperoleh pendapatan dari blog juga kurang bagus, postingan menjadi tidak konsisten, kadang 1 bulan hanya satu postingan, kadang kalau lagi mood,  1 minggu sampai 20 postingan,  hal ini membuat pembaca bosan terhadap blog anda.  Jadi bagaimana seharusnya ?
Seperti tadi saya katakan, saya memilih ngeblog untuk menyalurkan hobby, berbagi iformasi dan sekaligus untuk mendatangkan pendapatan.  Dengan niatan awal yang demikian, kita menjadi lebih konsisten, tidak buru buru, tulisan yang dihasilkan akan lebih bermutu, trafik blog dapat naik dengan stabil,  keinginan untuk copy paste dari blog lain tidak ada.
Saya masih newbie dalam dunia ngeblog, mungkin saya kurang pantas membuat artikel semacam ini, tapi itulah yang saat ini sedang kulakukan, untuk tetap konsisten terhadap blog saya, konsisten dalam hal posting artikel baik jumlah postingan setiap harinya maupun thema postingan yang saya buat, konsisten untuk selalu  sesuai dengan thema blog .

No comments:

Post a Comment