Monday, July 11, 2011

MUSRENBANGDES DAN REALISASINYA.

Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ) di   tingkat Desa  telah digelar dengan melibatkan Unsur Perangkat  Desa, LPPMD, PKK, Pemuda ,Linmas ,Komite Sekolah,  BPD, Ketua RT / RW dan para Tokoh / pemuka  masyarakat. Musyawarah berlangsung seru dan Demokratis, usulan usulan bermunculan dari masing masing peserta musyawarah. Rencana Program Pembangunan di berbagai bidang pun tersusun.  Jenis  Jenis Prioritas kegiatan Pembangunan khususnya yang akan diusulkan untuk dapat didanai oleh Pemerintah  telah ditentukan untuk di kompetisikan di Musrenbang tingkat Kecamatan.  Delegasi untuk mewakili Desa sejumlah 5 orang dibentuk.  
Musrenbang di tingkat Kecamatan  lebih seru lagi, masing masing desa berusaha agar usulannya mendapatkan prioritas untuk dapat di bawa ke  Musrenbang Tingkat Kabupaten.  Beberapa orang di pilih untuk mengikuti musren di tingkat Kabupaten.
Pelaksanaan Musren di tingkat Kabupaten ?, nah ini yang membuatku bingung, Hasil Musrenbang di Tingkat Kabupaten tak pernah kudengar hasilnya.  Entah saya yang ketinggalan Informasi atau karena memang tidak di beritahukan kepada masing masing desa secara tertulis perihal Hasil Pelaksanaan Musren tersebut.  Padahal saya sangat berharap, dari Pemerintah Kabupaten dapat menerbitkan buku  hasil Pelaksanaan Musrenkab di kirimkan ke masing masing Desa, sebagaimana Desa telah mengirimkan Hasil Musrenbangdesnya.
Pelaksanaan Musrenbang di tingkat Desa maupun tingkat Kecamatan   sudah demikian Demokratisnya, mengeluarkan dana yang tidak sedikit, harapan masyarakat begitu besar, namun hasilnya jauh dari apa yang diharapkan oleh warga masyarakat.  Usulan tinggalah usulan, tanpa ada informasi yang jelas mengenai  terealisasi dan tidaknya sebuah usulan yang sudah mendapatkan ranking untuk dikompetisikan pada musrenkab. ( bersambung ) 

No comments:

Post a Comment