Friday, July 1, 2011

Seputar rencana Pemecahan kabupaten Cilacap

Sudah beberapa tahun yang lalu kudengar ada rencana pemecahan Kabupaten Cilacap menjadi 2 Kabupaten, Cilacap Timur dan Cilacap Barat.  Tokoh tokoh perintis, pendukung, simpatisan mulai bermunculan. Proses mulai bergulir  Komentar komentar pro maupun kontra mulai meramaikan media cetak maupun elektronik.  Tidak ketinggalan situs jejaring sosial facebook juga menjadi  ajang pelampiasan pengunek unek dan pendapat.  Blog saya pun ikut ikutan , hehehe.. , tapi wait .. , Blog saya ini cuma ingin berbagi informasi yang aku peroleh seputar Komentar tentang akan adanya Pemecahan Kabupaten Cilacap, tidak lebih.
Perlukah Kabupaten Cilacap di pecah ? ( saya tidak menggunakan bahasa Pemekaran, karena menurut saya pemekaran itu bukan membagi tetapi memperluas ). berikut beberapa pendapat mereka ketika aku lontarkan pertanyaan  : Perlukah adanya rencana  Pemecahan Kabupaten Cilacap ?

  1. P  berpendapat  :  ga setuju,,,knpa ga setuju ada alasan tersendiri khususnya cilacap barat punya aset apa??
  2. Y berpendapat  :  Harus dikalkulasi dulu plus minusnya, kalau plusnya lebih banyak, mengapa tidak. Tapi kalau minusnya lebih banyak, ya jangan memaksakan diri. Dalam hal ini, sebaiknya kita semua pada posisi netral, kedepankan akal sehat, bukan emosi dan perasaan. Pada prinsipnya mau mekar ya nggak apa2. mau tidak mekar ya silahkan. digawe kepenak ngawak bae lah.
  3. G.  Berpendapat  :  kan dapat jatah DAU dari pusat mas nominalnya sama dengan saat sebelum di pecah,kalau kita lihat kota banjar sekarang lebih makmur kan ?
  4. Y Berpendapat   :  Sementara hal yang mesti kita hindari adalah, bahwa pemekaran wilayah lebih sering menjadi pemekaran masalah. Mungkin karena dalam prosesnya lebih didominasi hasrat politik (dalam arti keinginan elite daerah untuk berkuasa) ketimbang keinginan untuk menyejahterakan rakyat. Lebih menonjolnya hasrat elite untuk berkuasa di wilayahnya membuat pemekaran yang tujuannya baik itu menjadi negatif. Apa lagi di Cilacap sendiri dalam hitungan bulan akan segera digelar Pemilukada. Mari kita awasi tingkah elite politik lokal Cilacap, siapa yang benar-benar berjuang untuk pemekaran yang mensejahterakan rakyat, dan siapa yang bermain dengan ambisi politiknya? Kita lihat saja….
  5. H berpendapat    :  Cilacap Adalah KABUPTEN dengan Wilayah yang LUAS, jika dibandingkan kabupaten Lain di JAteng, dampaknya pada Pelayanan dan Pemerataan PEMBANGUNAN serta Alokasi DANA untuk pembangunan, ini Faktor Pertama yg menjadi Pertimbangan. Walaupun tidak sekarang suatu saat Cilacap PASTI MEKAR, hanya soal waktu saja, jika dilihat dari FAKTOR Geografisnya.
Bagi yang ingin ikut kasi pendapat  bisa pos lewat koment ya , oke tak tunggu 

    No comments:

    Post a Comment